Sekilas Tentang TOEFL

Sekilas Tentang TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar ke perguruan tinggi di Amerika Serikat atau di negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bukan bahasa Inggris. Ujian ini diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Ada tiga bagian yang diujikan dalam tes TOEFL. Bagian pertama adalah Listening Comprehension yang terdiri dari 50 soal, bagian kedua adalah Structure dan Written Expression yang terdiri dari 40 soal dan Reading Comprehension yang terdiri dari 50 soal. Keseluruhan soal dalam bentuk pilihan ganda.

Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maksimum). Untuk skor TOEFL, para ahli bahasa mengelompokkan dalam empat level:

  1. Tingkat Dasar (Elementary): 310 – 420
  2. Tigkat Menengah Bawah (Low Intermediate): 420 – 480
  3. Tingkat Menengah Atas (High Intermediate): 480 – 520
  4. Tingkat Mahir (Advanced): 525 – 677

Perguruan-perguruan tinggi di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, mensyaratkan nilai TOEFL tertentu bagi calon mahasiswa Internasional mereka. Untuk bisa diterima di program S1, skor yang umumnya ditetapkan berkisar antara 475 – 550, sedangkan untuk program S2 nilai TOEFL yang dibutuhkan lebih tinggi yaitu 550 – 600.

Sekilas Tentang IELTS

IELTS (International English Language Testing Systems) adalah tes kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. IELTS telah dipercaya untuk melakukan tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris sejak tahun 1989.

IELTS sekarang diterima oleh semua lembaga pendidikan di UK, Australia, Canada, New Zealand dan United States of America. Terdapat lebih dari 300 lembaga pendidikan yang lebih memilih IELTS sebagai alternatif daripada TOEFL.

Tidak jauh berbeda dengan TOEFL, tes IELTS terdiri dari 4 bagian yaitu:

  1. Listening yang terdiri dari 4 bagian dengan jumlah soal 40 soal yang diselesaikan dalam waktu 30 menit.
  2. Reading yang terdiri dari 3 bagian dengan jumlah soal 40 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 40 menit.
  3. Writing yang terdiri dari 2 soal yang harus terdiri dari 150 – 250 kata yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit.
  4. Speaking yang berlangsung dalam waktu 11 – 15 menit.

Peserta tes dinilai berdasarkan kemampuannya dan diberikan skor antara 0 – 9 pada masing-masing bagian tes. Nilai dari keempat bagian itu yang nantinya akan menghasilkan suatu nilai keseluruhan.

Sekilas Tentang TOEIC

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah ujian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam penggunaan sehari-hari di lingkungan kerja internasional. TOEIC dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) bagi mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Tes TOEIC itu sendiri terdiri dari dua bagian yaitu: Listening dan Reading, sedangkan nilai TOEIC berkisar antara 10 – 990. Berikut ini perincian dari masing-masing bagian:

  1. Bagian Listening:
  • Part 1: Gambar (Photographs) terdiri dari 10 soal
  • Part 2: Pertanyaan dan Respon (Questions and Responses) terdiri dari 30 soal
  • Part 3: Percakapan singkat (Short Conversations) terdiri dari 30 soal
  • Part 4: Pembicaraan (Talks) terdiri dari 30 soal.
  1.  Bagian Reading:
  • Part 5: Kalimat tidak lengkap (Incomplete Sentences) terdiri dari 40 soal
  • Part 6: Melengkapi Teks (Text Completion) terdiri dari 12 soal
  • Part 7: Pemahaman Bacaan (Reading Comprehension) terdiri dari 48 soal

Waktu tes TOEIC berlangsung selama 2,5 jam dengan perincian sebagai berikut:

  • Bagian 1: 45 menit
  • Bagian 2: 75 menit

Tidak ada istilah “lulus” atau “gagal” dalam tes TOEIC karena tidak semua pekerjaan atau perusahaan mengharuskan tingkatan yang sama dalam keahlian berbahasa Inggris.

Demikianlah uraian sekilas tentang TOEFL, IELTS dan TOEIC. Mudah-mudahan ulasan sekilas tentang TOEFL, IELTS dan TOEIC di atas bermanfaat untuk Anda.

 

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Les Privat TOEFL Preparation Course

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *